Friday, May 25, 2018

Melali Yuk ke Garuda Wisnu Kencana, Bali – Indonesia



 yuk melali ke ...
Siapa sih yang ngga tau pulau Bali? Pasti pengen banget kan kalau dikasi kesempatan datang ke pulau Dewata. Tapi saking bagusnya, dengan waktu terbatas tentunya anda akan bingung sebenarnya mau melihat apa di Bali. Kuliner kah? Pantai? Wisata pantai atau gunung? Atau ada yang lain?

Kesempatanku sebelumnya memberikan aku menghabiskan waktu sekitar beberapa hari di Bali. Bingung pergi kemana? Akhirnya diputuskan untuk datang melihat perkembangan patung GWK yang kayanya dari jaman aku SD ngga jadi-jadi. Tapi ternyata patung ini akan menandingi bahkan melebihi tinggi dari Patung Liberti dan bahkan hampir memiliki tinggi Piramid di luar negeri sana. Penasaran seperti apa spot dan perkembangan si patung GWK?

Bakal Ngalahin Patung Liberti

Siapa sangka nantinya di Indonesia akan ada sebuah patung yang digadang-gadang akan mengalahkan Patung Liberti dan memiliki ukuran mendekati Piramida. Sebuah potongan demi potongan akan anda saksikan jika berkunjung kesana. Ada bagian kepala, badan, kepala garuda, dan beberapa potongan yang tersebar di sekitar area Garuda Wisnu Kencana (GWK).

 

Bayangin aja. Kalau lihat beberapa spanduk yang terpasang di sekitar area GWK, patung ini akan memiliki tinggi sekitar 120 meter dengan lebar sekitar 64 meter. Ini akan mengalahkan tinggi patung Liberti di USA yang hanya mencapai 93 meter saja. Keren banget ya. 

Kepotong-potong gitu Tubuhnya


Nah bayangin aja ya? Gimana caranya ngebangun patung setinggi 120 meter kalau ngga dibangun secara bertahap. Jadi, dari jaman aku masih di sekolah dasar sampai sekarang sudah bekerja sekian tahun yah progress-nya masih dalam bentuk potongan-potongan.
  


Kalau kalian kesana, maka akan dikenakan biaya masuk dan anda akan jalan beberapa menit hingga sampai dititik masuk area patung GWK. Bagian pertama anda akan merasakan setengah badan Wisnu menjulang tinggi di hadapan. Kemudian akan ada beberapa anak tangga yang akan mengarahkan anda menuju kawasan kepala Garuda. 

Dan masih di arena tersebut anda akan melihat sebuah bangunan yang akan menjadi pondasi yang akan menopang potongan-potongan patung. Kayanya bakal seru deh kalau sudah bersatu!

Serunya dimana ya?

Sebenarnya belum banyak yang bisa kalian saksikan. Masih ada beberapa renovasi disana sini namun kemungkinan tak akan lama lagi lah patung GWK akan disatukan. Jangan berharap anda bisa bermain wahana atau melihat keindahan alam di area sana.

Aku rasa sesuai dengan namanya GWK atau Garuda Wisnu Kencana, ya memang patung ini yang akan menjadi pusat dari kawasan tersebut. Anda akan menyaksikan patung terbesar ketiga di dunia, mengalahkan Liberty Statue dan Christ The Redeemer. Jadi ngga musti ke Amerika atau Brazil untuk menyaksikan salah satu patung terbesar di dunia. Cukup ke Bali aja ya.


 

Selain itu, di kawasan ini seakan membuka gunung batu atau kapur untuk memberikan ruang kepada pengunjung menyaksikan penampakan potongan patung dari dekat dengan beberapa pemandangan hijau. Jadi kalian akan melihat dinding batu tinggi di beberapa sudut kawasan GWK.

Nah, Foto Kalian Terpampang di Pintu EXIT.

Aku suka banget nih sama salah satu fasilitas dari GWK. Bagusnya dari managemen mereka adalah pengunjung diharusnya berfoto secara gratis dengan latar hijau polos sebelum memasuki kawasan GWK. Nah, kusaranin berfose yang bagus. Karna di penghujung jalur kawasan GWK kalian akan melihat foto anda terpampang nyata dalam bentuk foto atau pajangan dalam air dengan efek salju.


Nah, pas didalam kalau susah banget nyari angle yang pas. Eh, pas mau pulang ternyata mbok bli sudah menyiapkan editan foto kalian dan bahkan dikemas dalam pajangan cantik di lemari penyimpanan. Untuk mainan salju anda membayar sekitar 170K. Kalau foto saja berbeda lo ya.

Sekian deh pengalamanku pas main ke GWK. Untung juga aku kesana ya. Paling ngga aku akan melihat untuk terakhir kalinya potongan-potongan badan GWK sebelum disatukan dan agak bangga juga melihat ukurannya kelak. Semoga segera selesai ya..

Kemudian, aku akan memberikan sedikit reviewku mengenai pengalamanku tinggal dan merasakan hidup di pulau paling selatan Indonesia, yaitu RoteNdao. Mantab banget tapi aku rasain dulu, baru deh aku ceritain ya…

Asri Vitaloka | Calon Penulis | @asri_vitaloka

 oiya, jangan lewatin juga "Kali pertamaku di Rammang-Rammang!" pas ngerasain serunya sensasi menaiki kapal diatas danau Rammang.

No comments:

Post a Comment