Sunday, February 14, 2016

Don't Forget Your Resolution, Please!



Bulan sudah sampai Pebruari, jangan lupa akhir tahun lalu baru saja terbentuk beberapa resolusi. Masih ingatkah? Atau semua sudah berlalu seiring hilangnya musim kembang api di kala merayakan tahun baru?
 
Aku putuskan untuk melakukan sedikit review pada bulan kedua tahun 2016. Mungkin bisa dijadikan ajang untuk mengingat kembali apa yang sudah dilakukan sepanjang tahun ini dan sudah mendukung untuk mewujudkan resolusi yang sudah diciptakan atau belum? Kalau belum mari tengok, apa yang harus dilakukan!

Tanpa terasa, bulan kedua tahun 2016 sudah berjalan. Begitu sadar, tiba-tiba anda masuk dibulan ketiga, empat, dan sampai di akhir tahun kembali. Masih ingatkah anda dengan tulisanku yang berjudul “Julukanku di Tahun 2016, Kamu?”. Disana aku menuliskan beberapa hal yang ingin terwujud di tahun 2016. Kalau boleh mengulang kembali, kira-kira seperti ini.



“Apa yang belum bisa aku lakukan itu yang aku harapkan! …

Seperti diantaranya, melihat buku karya Asri Vitaloka dipajang dalam deretan buku laris Gramedia, merasakan indahnya foto di hamparan bunga-bunga cantik di atas negeri awan Pulau Timor, dipanggil berangkat ke Labuan Bajo Cuma buat merasakan tidur diatas kapal dan main-main mencari si Toka. Yah, ngga muluk-muluk kalau nasib bagus siapa tau aku dikasi kesempatan buat sekolah lagi S2 Management. Makin bagus lagi, sambil sekolah aku dikasi kesempatan buat jalan-jalan makin luas ke seluruh Indonesia dengan kamera mirrorless di tangan pake kacamata anti badai diatas kepala dengan … yah, tentunya gandengan pasangan di sebelah kanan.”

Begitulah kira-kira apa yang aku inginkan terwujud di tahun 2016, dengan Julukan “Tahun Ceria Penuh Romantika Percintaan tanpa Melupakan Alam dan Indahnya Ilmu Pengetahuan”. Kok kayak agak-agak begitu ya..

Tapi, terlepas dari apapun julukan yang aku buat dan kalian buat sebagai resolusi ditahun ini maka jangan pernah lupakan satu hal. Yaitu, resolusi menjadi hal tidak penting jika tidak ada usaha untuk menciptakannya. Berbagai resolusi seakan berlomba untuk dipikirkan dan diwujudkan keberadaannya.

Berikut beberapa pertanyaan yang mungkin membantu anda untuk kembali mengingat resolusi anda di tahun 2016 dan mewujudkan.

1. Masih ingatkah anda dengan resolusi yang telah anda buat?


Tentu saja masih! (Sambil kembali membuka tulisan sebelumnya) Hahaha…


2. Jika ingat, baguslah! Lalu, sudah sampai mana anda mewujudkannya?

Karena masih sangat awal tahun, belum banyak yang berubah! Semua masih dalam rencana. Aku ingat dengan resolusi dan semua mimpi yang tidak bisa aku ucapkan satu-satu karna kasian pembaca untuk melihat satu per satu.


3. Ada yang bilang, bersyukur menyebabkan anda dapat menikmati apapun dengan sungguh-sungguh. Lalu, apa yang anda bisa syukuri sampai February 2016?

Karena satu kesukaanku adalah menulis sesuatu maka fokus terbesarku adalah bagaimana caranya menciptakan 100.000 klik selama satu tahun 2016? Dan satu hal luar biasa, Tuhan memberikan banyak kesempatan kepada orang untuk melihat blog sederhana yang aku ciptakan. Tahun lalu, aku dapat menghitung jari seakan terlalu sedikit orang yang melakukan kunjungan ke dalam blog ini. Namun, tahun ini semua berubah. Hanya dalam 2 bulan kurang aku bisa mendapatkan 2000 klik dari pembaca blogger sekalian. Semoga ini awal bagus untuk menciptakan 100.000 klik. Terimkasih.


4. Jangan pernah lupa, lakukan perencanaan dan biarkan Tuhan memberi jalan. Juga tidak lupa untuk bersyukur!

Setiap resolusi pasti untuk kebaikan pemiliknya. Tapi, Tuhan tahu mana yang tulus berusaha dan mana yang tidak. Jika, anda merasa ada yang kurang maka perbaikilah. Jika anda memerlukan perencanaan, maka rencanakanlah. Jika anda harus bergerak, maka laksanakanlah!

Tidak ada yang tidak mungkin selagi Tuhan mengijinkan untuk terwujud. Aku pun berterimakasih untuk semua kesempatanku untuk memiliki teman sehati, blog setia untuk pembaca tulisan dari calon penulis amatir. Dan masih banyak lagi.


Jangan lupa bahwa setiap resolusi dibuat untuk membuat pelakunya menjadi lebih baik, mengembangkan diri lebih terarah, dan mengetahui apa yang sesungguhnya ingin diwujudkan di tahun ini. Maka, jika anda mendapat kesempatan, maka lakukan perencanaan. Jika anda memiliki keinginan, maka laksanakanlah! Jika anda harus berhenti karena satu dan lain hal, maka beristirahatlah! Karena mungkin sudah saatnya anda untuk duduk diam sementara, menyimak, dan berpikir langkah selanjutnya untuk segala resolusi yang telah terbentuk.


Kemudian, apa selanjutnya? 
Berlarilah untuk mewujudkan resolusimu!



Instagram : asri_vitaloka
Setiap momen perlu diabadikan\ Setiap peristiwa harus diceritakan \ Because the best planner of my life is my GOD \ and I am the EX-ENGINEER!

Salam dari calon penulis,
Asri Vitaloka





No comments:

Post a Comment