Monday, July 6, 2020

Pindah Haluan Profesi


Loh judulnya kok “Pindah Haluan Profesi” ? Emang udah pindah kerja? Bukannya terakhir masih sebagai anak pulau di selatan Indonesia dengan kegiatan seputaran meter dan clear tamper. Nanti, kapan-kapan kuceritain deh secara umum tentang kerjaanku di sini ya.

Jadi, seketika corona mendadak merebak di seantero Indonesia. Dimulai dari 2 orang menjadi puluhan ribu dan kemudian ketakutan melanda, ruang gerak menjadi terbatas, dan intinya kita tidak bisa kemana-mana. Maka, disinilah kucetuskan untuk “Pindah Haluan Profesi”. Bukan bener-bener pindah haluan, cuma nambah hobby baru si. Hehe..

Aku liat blog yang udah ngga keurus lama banget ini, udah ga pernah keisi tulisan apa lagi. Sebenernya aku lagi fokus mengerjakan pekerjaan rumah di Rote Ndao. Kadang sampai kebawa mimpi kerjaan. Ya, mimpiin meteran atau sekedar mimpiin P2TL. Ngga punya bahan deh buat nulis di blog.

Hingga akhirnya kuputuskan untuk mencoba sesuatu yang baru. Banyak dari kalian yang work from home pasti pada akhirnya mencoba semua yang baru. Keliatan si dari insta story kawan-kawan di media sosial. Ngga ya mulai memasak, menanam tanaman hias, sampe ngias ruangan. Semua dilakukan. Aku juga.

Kumulai dengan Menanam Tanaman Kecil.

Tanaman kecil disini bukan bentuknya kecil ya. Eh, bentuknya memang kecil si. Tapi, aku nanam mulai dari biji! Kuplototin tuh Tokopedia dengan harapan bisa nemuin tanaman yang bisa dirawat. Terus ide banget buat mencoba nanam lavender, parsley, mint, dan sejenisnya di Pulau Rote. Alhasil?

Jelas gagal.


Aku saranin aja ya. Buat orang-orang bertangan panas kaya aku. Mending kalian jangan nanem dari biji. Itu jelas perawatannya heboh banget. Extra diinget nyiram kapan, seberapa banyak dan perlakuannya kaya aku. 

Aku ni udah ngulang 3x men buat nanam itu biji! Gagal semua. Kepanen sebelum keluar daun (padahal tumbuh aja belum).

Kayanya Masak adalah Passion-ku!

Dubidu-bidu. Kumulai tuh dari Instagram, youtube, hingga pinterest semua tentang masakan mulai dari susah hingga paling gampang. Dari kue kering sampe makanan osengan khas emak-emak beburu mau jalan ke kantor. Dapat satu dua masakan yang bisa ditiru, akhirnya kuputuskan untuk berpesta di area dapur.

Dapat si beberapa menu. Yang kuingat : masak nasi jeruk, dan sambel bawang. Hmm


Yeay, dengan semangat membara didalam jiwa raga aku putuskan untuk menjajaki hobi baru. Yaitu masak. Satu kali masak, dua kali masak, dan ketiganya… Ku Lelah dengan urusan mencuci piring. Sekali kemarin sempat ngebet beli tepung terigu efek liat bahan ig bikin kue mudah.

Dan bye! Hampir sebulan ngga kesentuh itu tepung terigu yang waktu beli bingung beda tepung terigu dan maezena, serta tepung jagung apa! Fiuh. Udah ye, kukembali di tumis-menumis ae.

Mari Mendesain Ulang Kamar

Sudah nyobain nanem. Eh gagal. Nyobain masak didapur? Yah, nyerah sama cucian piringnya. Kayanya mulai dengan desain situasi kamar deh ya. 

Hmm… mulai deh tuh dengan scroll atas-bawah pinterest dan Instagram. Udah di pin kanan kiri semua foto mantep. Tinggal diterapin deh di kamar.
Mikirnya si bisa berhasil dengan pikiran “Mendesain Ulang Kamar”, dan ternyata …

mau desain kamar atau bangun rumah?

Boro-boro mau mesen furniture yang custom banget ala minimalist anak muda gituh. Eh, ukuran kamar aja gedenya mungkin 5m x 3,5m. Terus belum lagi mau custom furniture yaelah mahalnya bok! Aku ganti meja pendek segi empat buat duduk asoy di lantai aja ngeluarin 350K.

Itu negonya udah parah dari harga awal 650K. Bye! Bisa kere aku anak kosanan gini yak.

Berakhir, di Les Webinar-an.

Lagi-lagi ini. Efek anak kosan sekaligus anak pulau ngga bisa kemana-mana dan ngabisin waktunya dengan berkeliaran di media sosial. Ngga pantengin Instagram orang pada nanem taneman lah. Ngga dengerin podcastnya om Deddy Courbuzer lah. Sampai akhirnya terjerembat di sebuah akun sekolah.
Sekolah loh ya. Rajin kan aku.

taram!! les 3 minggu dikerjain semalam

banggaku sama diriku-apaan deh!

Jadi, sekolahan-nya di webinar gtu. Dan belajarnya pun mengenai desainan di Autocad. Tiap hari Sabtu malam. Kugapin gurunya jarang malam mingguan kan. Pas-pas malam minggu gtu ngajarnya. Trus tiap ngasi PR dikasi waktu seminggu tetep ngelarinnya 6 jam sebelum hari terakhir.

Syalala banget hidupnya. Kasiin aku pamer ya, les pertama ku.

Trus Masi Mau Ngapain Lagi?

Kayanya aku masi jatuh cinta dengan kegiatan mendesain di AUTOCAD. Rasanya jauh banget aku untuk menjadi ahli tanaman, ahli memasak, dan sekedar ahli mendesain. Hmm, masih nyambung si ya buat yang mendesain ruangan dengan les AUTOCAD.

Jadi, doain aja ya. Gini nih rasanya mau pindah haluan profesi. Ternyata ngga mudah sama sekali. Kelihatannya gampang banget, tapi kurasa ngga semudah itu buat mencari apa yang bisa kita lakukan. Mungkin mampu. Semua orang jelas bisa melakukannya. Hanya saja doyan atau ngga.

Ternyata mencari kesukaan bukan hal sederhana. Disini harus diciptakan keterikatan dan kesukaan dengan apa yang dikerjakan. Begitu kau menyukainya. Boom! Semua terjadi.

Kadang ada yang pelan, kadang ada yang tidak sadar. Loh, kok udah smpe segini ya perjuangan kalian. Corona membuat banyak kesukaan orang-orang menjadi berubah. Kebiasaan baru terbentuk. Jadwal sehari-hari bisa berubah. Syukur-syukur masih berubah hobi, kalaupun harus berubah profesi?

Pastikan kalian siap ya.



Asri Vitaloka | Rote, Island.
nb: hasil pamer karya AUTOCAD pertamaku diatas ya. Semoga sukak!

No comments:

Post a Comment