Saturday, June 17, 2017

Setengah Backpacker di Seputaran Bali



one plus three (kok kaya merk HP)

Kalau boleh cerita sedikit. Saat ini aku bekerja di sebuah perusahaan BUMN yang menjual listrik (baca : PLN). Belum lama bekerja semenjak pengangkatan sebelumnya di bulan September 2015. Masuk di angakatan 45 dan semenjak pengangkatan kami disebar dari ujung Indonesia, Aceh hingga Maluku. Beberapa masih terhubung dalam media whatsapp dan beberapa seakan hilang ditengah kesibukan masing-masing. 

Awal tahun lalu kami sempat menghabiskan waktu berlibur dengan beberapa teman seperjuangan dulu waktu baru masuk di PLN. Waktu itu diputuskan untuk menghabiskan waktu bersama di Gili Trawangan. Kini, hari libur terjepit yang dibuat sendiri membuat kami berkumpul dan pergi ke Bali. Kok Bali sih? Pada jauh sis, ada dari Maluku, Manado, Lombok, dan Kupang berkumpul di tengah-tengah. Yeay!

Agak susah sebenarnya untuk bepergian bersama. Kesibukan sebagai pegawai kantoran membuat waktu semakin terbatas. Yah, masih bisa kok bernapas sedikit dengan tanggal merah selain weekend, sisa-sisa cuti, dan ijin untuk hari kejepit. 

Pertama ya, sepakati tujuan anda!

Emang paling gampang kalau mau kemana-mana sekarang. Sudah ada yang namanya instagram, Traveloka, dan maps. Itu aja sudah bisa bikin kita kemana-mana jadi tenang banget. Beberapa waktu sebelumnya rancang dulu kan mau ngapain aja di Bali. Beberapa akun instagram pasti ada saja yang membahas mengenai Bali, nah tinggal di pilih deh. 

perkenalkan temen aku, Alfredo

Kalau temen travelling kamu ngga terlalu bawel dan menyerahkan semuanya ke kamu, tentunya akan lebih mudah. Untuk pemilihan tempat, biasanya aku jarang memilih tempat yang sudah sering dikunjungi namun tidak baru-baru banget. Paling ngga bisa memorable, difoto keceh alias instagramable, dan memberikan nuansa berbeda dari satu tempat ke tempat lainnya.

Motoran lebih Asyik.

Bagus sih kalau tidak ada perencanaan pas jalan-jalan. Katanya lebih dapat berpetualangnya. Tapi, aku lebih seneng untuk menyiapkan beberapa hal dari awal. Seperti kendaraan yang akan digunakan. Apakah naik angkutan umum, sewa mobil, atau malah mau sewa motor?
Pernah liat turis di jalan Bali naik motor? Nah, ngga mau kalah dengan turis, kami ikutan gitu nyewa motor. Murah kok. Hanya sekitar 60 ribu per hari kalau ngga salah dan pake diantar ke bandara segala. Asyik kan?

temen aku lagi, si Bang Dinan

satu lagi kelupaan, si Fadel
Pastikan budget-nya.

Dengan membuat itenary paling tidak anda akan tau kisaran biaya untuk makan, transport, paket tour, sampai kembali ke daerah asal. Nah, jadi anda bisa tetap berlibur tanpa harus over budget di akhir perjalanan.

Dengan waktu hanya dua hari setengah. Bisa kemana saja ya di Bali?

Baru nyampe, Makan Siang dulu dong.

Tentunya kalau ke suatu tempat baru harus mencoba masakan khas Bali ya. Nah, berhubung perjalanan akan langsung menuju Uluwatu maka kami putuskan untuk mencicipi masakan nasi ayam Bu Oki. Lokasinya di Jalan Siligita no. 27, Nusa Penida. Harganya murah sekitar 25.000 kalau tidak salah dan masakannya juga disajikan seperti nasi campur. Hanya ada satu jenis. Yaitu nasi Bu Oki. 

seporsi nasi bu Oki

Pandawa Beach, Pantai Lima Ksatria.

Kok lima ksatria sih? Sebenarnya Pandawa itu nama sebuah keluarga kerajaan dan mereka semua bersaudara. Ya, lima bersaudara dan semuanya ksatria karena berasal dari keturunan kerajaan.

Penasaran dengan Pantai Pandawa. Kami pun kesana. Begitu masuk kalian akan melihat beberapa pembangunan kawasan wisata dan lokasi pantai akan melewati jalan hasil dari pembelahan batu kapur yang sangat besar. Sepanjang perjalanan menuju pantai ke arah bawah, anda akan melihat beberapa patung Dewa-Dewi dengan ukuran begitu besar. Coba aja berdiri di depannya, yang gemuk atau besar pasti keliatan kecil dibandingkan dengan patung.

Sunsetan sambil nonton Kecak di Pura Uluwatu!

Sebenarnya ada beberapa tempat untuk melihat tarian Kecak. Namun, beberapa foto dalam instagram menunjukkan begitu luar biasa penampilan tarian Kecak dengan latar sunset yang begitu jelas.

Sebelum sampai ke lokasi penampilan Tari Kecak, ada beberapa momen yang anda akan saksikan. Saat membeli tiket, anda harus mengambil beberapa kain dan selendang sebelum masuk ke dalam lokasi Pura Uluwatu. Beberapa peringatan pada monyet akan sering anda dengar. Monyet-monyetnya agak galak dan terlalu agresif. Tak hanya itu, anda akan melihat beberapa tour guide dengan turis dari berbagai asal datang dan tersebar diseputaran area.

 namanya bapak Hanoman

Segarnya pemandangan Sawah, Tegal Alang

Tidak hanya pantai yang terkenal di Bali. Ada satu kawasan di Ubud terkenal dengan daerah yang sejuk dengan pemandangan sawah yang begitu luas. Dari pinggir jalan sudah terlihat persawahan dengan bentuk berundak. Jika anda turun ke bawah, akan ada beberapa sensasi alam yang jarang anda temui jika tinggal di daerah perkotaan.

hijau sawah di Tegal Alang Terace Rice

 kayanya ini pak Tani deh

Rasakan Sensasi makan siang depan Gunung Batur

Sanggup buat naik gunung? Sebenarnya bisa sih mencoba untuk naik gunung Batur. Tapi aku? Kayaknya entar dulu ya. Walaupun tidak sampai naik gunung, kami memutuskan untuk menikmati makan siang dengan pemandangan langsung menuju Gunung Batur. Sebenarnya ada beberapa tempat yang bisa anda datangi. Waktu itu, dipilihlah restoran dengan sistem all you can eat (100K) di Grand Puncak Sari. Anda bisa makan sepuasnya di pinggir restoran dengan pemandangan yang tak biasa.

take 1 

 take 2

 the best view for lunch for this day

Liat Pura dalam lembaran Uang 50.000

Tau uang 50 ribuan yang baru? Ada memuat sebuah gambar pura diatas danau. Nah, itu lokasinya di Pura Ulun Danu Beratan, Bedugul. Begitu masuk ada beberapa yang akan anda lihat. Taman-taman, wisata main bebek diatas danau, restoran, dan satu spot terkenal. Spot itu, tentu saja foto didepan Pura Ulun Danu Beratan.

coba deh rebutan foto depan sini bisa ngga lu?

 eh, kebetulan banget ada upacara agama

ini nih ngalah-ngalahin Jonas Brother!

kan mirip ngga tuh?

Nah, full day di Nusa Penida

Sudah mengunjungi beberapa tempat dengan pemandangan danau, gunung, pura? The last full day di Bali kami cuss ke Nusa Penida. Disana paket island tour and snorkling kami ambil untuk dapat menikmati dua sensasi sekalian. Tidak banyak spot yang dapat dikunjungi, yaitu Broken Beach dan Angel Billabong. Untuk melihat pemandangan bawah laut dengan waktu yang singkat, tour travel memberikan sasaran wisata ke pinggir Penida, dan melihat ikan besar buntal. Aku lupa namanya. Hahaha…

Angel Billabong, kalau turun hati-hati ya ombaknya kadang ngga ketebak!

4 sekawan unyu, oncom, delicious, and hmm...

 giliran aku yaa.. (begitu duduk, yang lain tarik napas!)
masih ada yang kurang kalau belum pake baju andalan!

Oke, itu dia beberapa perjalanan yang kami lewati. Dibilang backpacker juga ngga, dibilang heboh banget juga biasa aja ya. Cuma kalau boleh ngasi saran mungkin kamu harus cobain menginap di hotel capsule di Seminyak atau dekat bandara. Percaya deh disana pasti akan dapat beberapa kenalan baru dan tak jarang anda dapat berkenalan juga dengan turis asing. Jadi seru kan liburannya. 

 pokoknya semua senyum ya! satu dua tiga....
Yah, apapun cerita kamu tentang liburan pasti akan berbeda dari satu dan lainnya. Tempat bisa sama, tapi momen pasti berbeda. Dan salam buat keluarga kamu, temen kamu, gebetan kamu, dan pastinya salam dari aku buat kamu. Siapa tau nantinya kita berteman.

FLASH goes to Bali

Mau liat juga keseruan kami waktu naik Bukit Pergasingan di Lombok? Pas naik bukit masih bisa mainan handphone, masih bisa dengerin Joox, dan masih bisa ditelpon orang. Seru kan? Mau tau kaya apa? Klik aja link dibawah ini ya.
"Bukit Pergasingan yang ngga ada gasing!" 

Asri Vitaloka,Calon penulis.

1 comment:

  1. serius ini thread panjang gak pakek readmore cikk.... btw dimana sewa motor isi anter ke bandara? jawab via WA yaaa..

    ... makin menikmati tulisanmu

    ReplyDelete