Friday, September 23, 2016

Explore Flores - Siap-Siap Sentuh Danau Kelimutu!



Siapa yang percaya? Setiap keinginan tidak ada yang tidak dapat terwujud. Semua tergantung dari diri anda. Apakah akan yakin bahwa bisa terwujud atau tidak. Jika tidak, katakan “bye” pada keinginan anda. Pergi menuju Kelimutu menjadi satu keinginan yang harus terwujud dan tercapai dengan beberapa orang yang mendukung. Dan itu terjadi padaku.

Sabtu dan Minggu di salah satu akhir pekan bulan Agustus menjadi langkah baru dalam perjalananku di NTT. Dua hari berharga ditengah segala kesibukan yang seakan melekat dalam rutinitas harian. Kemudian berubah menjadi perjalanan singkat menjelajahi wisata alam di Ende, Flores. Mulai dari Pantai Batu Hijau, Taman Renungan Bung Karno, Wologai, hingga sampai di tiga danau Kelimutu.

Jangan kira aku akan membahas mengenai Kelimutu secara lengkap. Sudah terlalu banyak di review oleh para blogger  diluar sana. Yah, sekarang yang ringan dulu lah. Tentang selfie aku aja lah ya? (Dijamin baru buka langsung close tab).

Perjalanan dua hari disiapkan dalam waktu 1 bulan kurang. Dengan mengandalkan mbah google yang selalu setia dan tidak pernah bohong, maka kami mendapatkan beberapa tempat wisata yang dirasa memungkinkan untuk dikunjungi selama perjalanan “Road to Kelimutu” berlangsung. Jika sebelumnya perjalanan sailing tour menggunakan agen perjalanan jalan2terus? Kali ini kami sedikit mandiri dengan membuat semua itenary  sendiri.
Ada beberapa tempat yang menjadi list kami dalam pencarian tempat wisata di Ende. Sebagian besar review menuliskan mengenai Taman Renungan Bung Karno, rumah pengasingan bapak Bung Karno lagi, kampung adat Wologai. Secara tanpa sengaja aku mengetahui informasi mengenai Blue Stone Beach dan air terjun Morundao di desa Moni. Nah mau tau seperti apa keseruan kami dalam mempersiapkan travelling kali ini. Yuk, simak deh!


1. Persiapan Mencari Tempat

Mulai membuka banyak blog, review dari para traveller diluar sana. Catat semua informasi penting. Jangan lupa untuk melihat kelebihan dan kekurangan dari tempat wisata atau hotel yang akan dikunjungi. Yang paling penting dalam melakukan persiapan adalah dari segi kebutuhan uang yang diperlukan. Kan, bahaya kalau sampai sana ternyata duitnya kurang. *joke*

Selain semua diatas. Jangan lupa membuat perkiraan dari segi jarak dari tempat satu ke tempat lainnya. Tak lupa untuk menambahkan medan perjalanan dan keadaan wisata. Buat jaga-jaga mau pake baju warna apa biar difoto ketjeh badai sis!

2. Membuat Itenary Sederhana

Sudah puas cari info. Sekarang kumpulkan informasi terkini yang membatu dalam perjalanan nanti, seperti nomer kontak telepon yang dapat dihubungi. Kemudian mulai diurutkan dari jam kedatangan, tempat wisata 1, 2, dan 3. Tempat makan dimana, hotel dimana, atau ngemper dimana. Tak lupa untuk memberikan informasi dengan spot foto terbaik yang dapat diambil. Jadi, sudah sampai sana tidak bingung mau foto dimana. *tetep ya sis*

 Gambar Itenary trip to Kelimutu

3. Mulai telepon om-om

Please, jangan stress duluan kalau aku nyebut om-om. Ini ngga seperti yang kalian bayangkan kok. Bener!
Sudah yakin dengan itenary awal, maka mulailah mencari informasi langsung ke agen agen hotel dan travel yang meyakinkan. Tanya harga awallah, tanya bisa kemana aja, kemudian minta harga diskon sedikit sampai terus melas-melas buat minta diskon dasyat. Yah, maaf yak! Namanya juga anak baru kerja. Kan mayan buat nge-mall lagi kalau pulang duitnya. He.

4. Cuzz!

Sudah pasti semua, maka saatnya cuzz! Aku baru denger ternyata “cuzz”  ini adalah salah satu bahasa karena dipakai di Habibie dan Ainun 2 di salah satu layar lebarnya tahun 2016 sebagai pertanda bahwa seseorang akan pergi dan seakan-akan sebagai sapaan good bye atau see ya. Pernah denger? Kalau belum, aku rasa kalian ngga kekinian banget deh masa belum nonton sih. Tapi, itu udah habis sis di bioskop. Jangan sedih ya nanti juga tayang di tv. *gaya ngomong anak kekinian*

Back to the topic!

Dengan membawa sebuah ransel dengan semua barang ootd-an dan aksesoris foto maka berangkat sudah kami dari bandara Kupang dan memulai perjalanan selama hampir 2 hari 1 malam di Ende, Flores!  

Yah, begitulah persiapan yang tidak terlalu matang namun terlalu mantap karena besarnya tekad untuk mengunjungi danau Kelimutu.

Beberapa tips buat kamu dari aku yang tumben jalan-jalan.
  1. Jangan pernah percaya “kata temen” sebelum mau pergi kemana-mana. Jadikan referensi namun jangan terlalu dipercaya. (apaan ya?)
  2. Pastikan kamu mengajak teman yang ngga buat stress pas dijalan, kaya ngajak aku. Dijamin temen-temen aku mual semua kalau ngajak aku jalan, padahal yang ngajak aku. Bingung kan?
  3. Mulai deh buat stuff list (baca: barang bawaan) yang akan dibawa. Jangan banyak bawa barang aneh, minimal baju ootd-an, topi andalan, kain-kain daerah (lagi hits) atau kamera yang MP besar. Jangan rugi ya, udah mahal beli tiket dan bayar travel terus hasil fotonya jelek. Rugi sis, rugi…!

Oke, mungkin sekian review aku mengenai persiapan menuju sentuh danau Kelimutu. Terimakasih banyak buat Mas Robby yang sudah setia melihat iklan-iklan promo tiket dan credit card-nya. Mba Vika yang sudah mau bawain kami yukata buat ootd-an di atas Kelimutu. Dan Mba Priska, teman setia aku kemana-mana yang jagain aku takut ntar ilang atau diculik pangeran kuda putih. Mau tau keseruan kami berempat dalam upaya menyentuh 3 danau Kelimutu? Jangan ketinggalan.

Salam, calon penulis.
Asri Vitaloka, Ni Wayan.
Instagram : @asri_vitaloka

No comments:

Post a Comment