Friday, July 10, 2015

Jalani Hidupmu tanpa Tujuan




Setiap orang di dunia memiliki masalah masing-masing. Sekarang, bagaimana setiap orang menyikapi dan melihat sudut pandang setiap masalah. Bisa dijadikan ribet atau tidak ada masalah sama sekali.
Disaat kebanyakan orang tidak dapat membantumu, sebuah telepon ke teman nan jauh disana membuat hati semakin tenang. Hanya karena sebuah saran, sebuah nasihat, dan sebuah wejangan...

Siapa yang tidak ingin punya masalah? Mending jangan hidup saja. Sebuah masalah bisa berakibat banyak hal. Terkadang kita menyikapi dengan enteng, tetapi tidak sedikit yang menanggapi dengan luar biasa panik. Mungkin anda salah satunya?

Belum lama ini aku telah menghabiskan sebuah buku mengenai “Belajar Goblok dari Bob Sadino”. Sedikit banyak mengajarkan hal-hal yang terlupa saat menjalani hidup. Banyak kegiatan pembelajaran disekolah mempersiapkan anda sebagai seorang pemimpi, seorang pelaku dengan segala perencanaan yang matang. Dalam buku tersebut dikatakan sebagai seorang entrepreneur, beliau tidak memiliki tujuan/rencana untuk setiap tindakannya. Ia selalu percaya bahwa pelaku pembuat rencana dalam hidupnya adalah Tuhan. 

Terkadang kita sebagai pelaku kehidupan lupa bahwa semua yang terjadi sudah harus terjadi atas kehendak Tuhan. Setiap perencanaan yang dibuat akan berhasil jika hanya diberikan izin oleh Tuhan. Dan setiap perencanaan yang tidak berjalan sesuai rencana maka akan dikatakan sebagai sebuah masalah. “Dan kenapa musti melakukan perencanaan jika tidak 100% akan berhasil? Maka lalui saja dengan apa adanya sesuai rencanaNya because he is my master planner”, sedikit kutipan dari buku Bob Sadino.

Semua orang akan berlomba-lomba melakukan perencanaan atas hidupnya. Semua akan bahagia jika perencanaannya berhasil, namun akan merasakan kesedihan teramat sangat jika itu terjadi tidak sesuai harapan. Lalu apa yang sesungguhnya terjadi? Terkadang anda lupa bahwa manusia hanyalah pelaku. Jika tidak berjalan sesuai harapan, maka Tuhan sedang menginginkan anda menerima hal tersebut. 

Sedikit permasalahan yang pernah aku alami belakangan ini membuat pikiran serasa mau pecah. Banyak rasa tidak nyaman sehingga membuat stress memuncak. Ingin rasanya semua masalah selesai semudah dengan menghapus Ctrl+A dan delete. Tapi, tentunya tidak semudah itu. Bahkan jalan-jalan di mall pun sudah tidak mengubah banyak hal. Lalu, apa yang bisa dilakukan? Tidak ada. Tapi sebuah telepon kepada seorang teman mengubah banyak hal.

Tenang saja acik, semua akan selesai pada waktunya. Saat ini masalah yang kamu dapat merupakan ujian buat kamu. Dan kamu sudah tau bahwa ini ujian. Tuhan sedang menunjukkan sesuatu. Dia sayang dengan kamu, makanya kamu diuji. Disaat ada masalah, maka kamu masih diperhatikan olehNya. Anggap saja semua masalah sekarang adalah ujian yang kamu sudah tau jawabannya dan akan menjadi satu hal yang membahagiakan jika semuanya berhasil kamu lewati dengan lapang dada, penuh sabar, dan penuh keihlasan. Setelah ini, pastinya akan ada hadiah untuk setiap ujian yang berhasil dilewati!

(UDGK-seorang kawan Asri Vitaloka)

Hanya dari sebuah buku dan sebuah telepon kepada teman kembali mengingatkan aku pada sesuatu yang hampir terlupa. Aku lupa bahwa sebagai manusia, kita dianjurkan jangan merasa terlalu pintar dalam menjalani hidup. Karena sepintar apapun anda, jika Tuhan tidak menghendaki maka tidak akan terjadi apapun. Masalah akan selalu ada, namun haraplah bersadar bahwa semua terjadi karena sudah seharusnya terjadi. Seperti Bob Sadino yang mengatakan dirinya selalu hidup tanpa tujuan dan rencana. Maka sedikit banyak tirulah beliau. Disaat semua orang masih terpikat dengan indahnya dunia dengan segala perencanaan hidup akan benda-benda duniawai, maka Bob Sadino hadir dengan hidupnya yang selalu berpasrah dengan Tuhan. 

Sesungguhnya disaat anda memberikan seluruh hidupmu kepada Tuhan dengan berpasrah kepadaNya, maka hidupmu akan indah “because he is your master planner” yang tidak akan salah dan selalu memberikan apa yang kamu butuhkan bukan hanya apa yang kamu inginkan. Jadi, jangan dipikirkan semua masalah dengan serius ya, selain bisa memicu penyakit dalam tubuh bermunculan. Percaya pada Tuhan, apapun yang terjadi memang sudah seharusnya terjadi begitu. CMIIW. (AV)

Instagram : asri_vitaloka ; Twitter : @vitalokaAsri;

No comments:

Post a Comment