Wednesday, February 4, 2015

Jika Anda Job Seeker, Cobalah di PLN! Part 2

Lulus kuliah sudah menjadi satu hal yang membahagiakan bagi mahasiswa dan mahasiswi yang saat ini sedang menyusun tugas akhir atau skripsi. Kelancaran dalam menyusun dan dapat lulus tepat waktu sesuai perencanaan sudah pasti menjadi tujuan dari masing-masing mahasiswa. Jika sudah lulus kuliah, pertanyaan selanjutnya adalah “Sudah dapat pekerjaan?”.

Jika anda belum mengetahui beberapa kelebihan
jika anda melamar di PLN. Wah, anda harus melihatnya pada Jika Anda Job Seeker, Cobalah di PLN! Part 1.

Tahapan pelaksanaan rekruitasi untuk menjadi pegawai PLN sangat panjang. Ada tujuh tahapan yang harus dilakukan, yaitu Seleksi Administrasi, Tes Fisik, Tes Intelegensi, Tes Akademik dan Bahasa Inggris, Tes Psikotes, Tes Kesehatan, dan Tes Wawancara. Aku akan menjelaskan beberapa point penting saat menghadapi tes dari tahap pertama hingga tahap selanjutnya. Beberapa informasi lengkap biasanya diumumkan melalui website resmi PLN, baik dari lowongan hingga waktu dan peralatan yang harus dibawa.

Waktu itu lowongan dibuka akhir Desember 2014, mulai dari 8 Desember hingga 22 Desember. Pada awal mula, PLN telah memberikan informasi bahwa Tes Fisik akan dilaksanakan pada tanggal 5 Januari 2015 di lokasi yang didaftarkan. Aku mengambil lokasi tes di Mataram, Nusa Tenggara Barat dikarenakan saat itu PLN sedang tidak membuka pendaftaran di pulau Jawa.

Tes Seleksi Administrasi

Perhatikan semua kelengkapan yang disyaratkan, biasanya berupa foto copy KTP, ijazah, transkrip nilai, foto dan sebagainya. Karena saat itu, aku ingin mengikuti tes di Mataram maka aku mengirimkan semua berkas ke alamat PLN yang tertera dalam surat pengumuman. PLN mensyaratkan untuk dokumen harus masuk di kantor PLN sebelum tanggal batas akhir pengumpulan berkas.

Jika aku perhatikan, apabila ada beberapa berkas yang belum bisa dikumpulkan bisa dilengkapi saat wawancara akhir dari tes PLN. Namun, jika tetap tidak dapat melengkapi maka anda bisa dikatakan GUGUR walaupun sudah melewati semua tes. Cukup kirimkan saja berkas yang diminta dan lengkapi kemudian. Perhatikan batas tanggal pengumpulan akhir, jika terlambat maka sama saja anda tidak mendaftar.

Tes Fisik

Setelah menunggu pengumuman untuk seleksi administrasi, maka tes pertama yang dilakukan adalah tes fisik pada tanggal 5 Januari 2015. Untuk persiapan saat tes fisik yang diperlukan adalah anda harus memastikan tidak memiliki kelainan pada anggota tubuh. Tes fisik dilakukan di laboratorium Prodia dengan beberapa tahap, yaitu tes persiapan, tes keseimbangan, tes fisik, tes THT, tes mata, dan rotngen.

Tes persiapan, sebelum melakukan tes fisik peserta diharuskan mengisi semua administrasi yang dibutuhkan. Peserta mengisi daftar hadir, kartu tes, dan membawa KTP.

Tes keseimbangan, tes ini untuk menguji syaraf-syaraf (referensi dari internet) dan peserta diharuskan berputar-putar dalam keadaan tertutup kemudian disuru untuk berjalan kedepan. Diharapkan berlatih menggunakan kursi yang berputar dan minta seseorang memutar badan anda dalam keadaan mata tertutup sebanyak 10 kali putaran. Kemudian bangun dan berjalan kedepan dalam keadaan mata tertutup.

Tes fisik, dalam tes ini peserta harus membuka baju bagian atas baik pria atau wanita. Peserta akan dicek mengenai berat badan, tinggi badan, mata untuk melihat dalam jarak jauh, tes buta warna. Bagi peserta wanita akan dicek apakah terdapat tonjolan di area payudara dan harus dipastikan sehat, bahkan peserta calon tes akan dicek apakah memiliki tonjolan diabetes atau tidak dengan memeriksa anus secara langsung oleh dokter. Selain itu, peserta dicek kondisi bentuk badan, kemiringan punggung agar tetap lurus, dan bentuk badan.

Tes urin, tentunya saat tes ini peserta diminta untuk memberikan urinnya dalam sebuah botol laboratorium. Untuk tes ini dimungkinkan untuk mengetahui apakah peserta pengguna narkoba atau tidak.

Setelah tes fisik masih ada beberapa tes yang harus dilakukan jika anda lolos, seperti tes intelegensi, tes akademik dan bahasa inggris, tes psikotest, tes kesehatan, dan tes wawancara.

Jika anda lolos ke tahap selanjutnya 


Silahkan saksikan buku “Seorang Kawan Jimmi”, didalamnya mengisahkan sebuah persahabatan yang memberikan banyak cerita menyenangkan diantara mereka. Tidak hanya mengenai persahabatan, tetapi ada juga mengenai kehidupan sosial, realita, bahkan kisah religius. Tak jarang beberapa kisah romantis juga terjadi diantara mereka. Seperti apa? Saksikan “Seorang Kawan Jimmi”.

Instagram : asri_vitaloka; Twiter : @vitalokaAsri; Facebook : Asri Vitaloka

1 comment:

  1. Slamat sore mbk.. Klw untuk tes akademik apakah sesuai jurusan dan soalny berapa?? Toefel adakah listening juga dan brapa soal?? Saya jurusan akuntansi.. terimakasih mbk.. Semoga smakin sukses. Aminn

    ReplyDelete