Wednesday, February 4, 2015

Jika Anda Job Seeker, Cobalah di PLN! Part 1

Lulus kuliah sudah menjadi satu hal yang membahagiakan bagi mahasiswa dan mahasiswi yang saat ini sedang menyusun tugas akhir atau skripsi. Kelancaran dalam menyusun dan dapat lulus tepat waktu sesuai perencanaan sudah pasti menjadi tujuan dari masing-masing mahasiswa. Jika sudah lulus kuliah, pertanyaan selanjutnya adalah “Sudah dapat pekerjaan?”.

Job Seeker sering diberikan kepada
mantan mahasiswa yang telah menyelesaikan masa perkuliahannya. Yah, walaupun tidak semua mahasiswa memutuskan untuk mencari pekerjaan. Ada banyak orang membuat pilihan lain dengan memilih menjadi enterpreneur. Bisnis menjadi suatu pekerjaan yang mengiurkan, terlebih lagi memiliki bisnis yang dibangun sendiri. Sungguh pekerjaan yang menggiurkan dan begitu bergejolak karena pendirinya diharuskan berjuang membentuk bisnisnya dari awal.

Namun, ditengah maraknya keinginan menjadi enterpreneur. Masih banyak jobseeker yang masih memimpikan bekerja di BUMN, sebagai PNS, atau perusahaan multinasional. Dimana pekerjaan tersebut memberikan keamanan dalam hidup karena tidak perlu menanggung kerugian jika bisnis yang dilaksanakan sedang merugi. Inilah yang sedang aku lakukan. Salah satu perusahaan BUMN yang memiliki bisnis penyediaan tenaga listrik dan masih menjadi perusahaan monopoli di Indonesia membuat aku tertarik untuk masuk didalamnya, perusahaan itu adalah PLN.

Berkat presiden baru Jokowi, Indonesia sedang menghadapi proyek antisipasi kritis listrik dalam 5 tahun kedepan. Jokowi meminta PLN untuk bekerja keras dalam suatu proyek penyediaan listrik sebesar 35.000 MW karena diperkirakan pelanggan PLN akan bertambah sebanyak 71 juta pada tahun 2019. “Berkat program ini, PLN berusaha melakukan perekrutan besar-besaran dan membutuhkan karyawan sebanyak 4000 orang dalam tahun 2015”, aku salah satu HRD Mataram.

Jika masih banyak mahasiswa lulusan teknik elekro baik D3/S1 yang menginginkan bekerja di salah satu perusahaan BUMN maka bisa dikatakan saat ini adalah kesempatan terbaik. Berikut beberapa pengalaman yang bisa aku bagikan untuk yang ingin mengetahui seperti apa tes-tes untuk para rekrutmen. Sekedar info, tes yang saat ini sedang berjalan aku lakukan di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Selain itu, dibuka dibeberapa lokasi lain diluar daerah Jawa. Mulai dari Padang, Lampung, hingga Ambon dibuka pendaftaran untuk masuk sebagai calon pegawai PLN.

Banyak informasi di internet mengatakan bahwa tes PLN yang paling berat adalah saat melakukan tes kesehatan. Penyebabnya adalah PLN memberikan tunjangan kesehatan terbesar diantara BUMN yang lain. Oleh karena itu, perusahaan sangat ketat memberikan aturan mengenai kesehatan. Dan sebagai tambahan informasi, bahwa PLN salah satu BUMN yang berani membayar gaji tinggi untuk karyawanbaru. Ditambah lagi, pada tahun 2014 PLN mendapat penghargaan dengan masukdalam 500 perusahaan dunia dalam Fortune Global 500 sehingga sudah dapat dikatakan tidak kalah dengan perusahaan dunia lainnya, walaupun masih dalam rangking ke-477.


Apakah anda tertarik masuk kedalam perusahaan BUMN PLN? Mari simak beberapa informasi mengenai tes PLN. 


Silahkan saksikan buku “Seorang Kawan Jimmi”, didalamnya mengisahkan sebuah persahabatan yang memberikan banyak cerita menyenangkan diantara mereka. Tidak hanya mengenai persahabatan, tetapi ada juga mengenai kehidupan sosial, realita, bahkan kisah religius. Tak jarang beberapa kisah romantis juga terjadi diantara mereka. Seperti apa? Saksikan “Seorang Kawan Jimmi”.

Instagram : asri_vitaloka; Twiter : @vitalokaAsri; Facebook : Asri Vitaloka

No comments:

Post a Comment