Thursday, August 2, 2012

Switching? Hmm...

Pernah mendengar mengenai switching? Kembali mendapat informasi dari Geladi Arnet mengenai switching, apa aja sih istilah-istilah yang ada didalam suatu proses switching. Berikut sekilas cerita mengenai penjelasan switching selama berada diruang perangkat.
Menurut hasil penjelasan yang saya dapat selama menjalani kegiatan magang di Arnet Mataram PT. Telkom, setiap subsysistem memiliki konsentrasinya masing-masing. Karena PT. Telkom melakukan pelayanan di bidang komunikasi maka switching yang akan dijelaskan berhubungan dengan bagaimana proses suatu komunikasi berlangsung, misalnya saja telepon. Adapun beberapa perangkat yang terhubung hingga telepon dapat sampai menuju rumah-rumah pelanggan. Dimulai dari ruangan switching kemudian dilanjutkan ke Main Distribution Frame (MDF) hingga disebar ke Rumah Kabel (RK) yang terletak dipinggir jalan. Tidak sampai disana saja, RK kemudian dibagi menjadi Distribution Point (DP) hingga kemudian sampai ke rumah-rumah pelanggan. Perbedaan mendasar dari setiap hubungan hanyalah jumlah kabel yang diterima. Semakin sampai ke rumah pelanggan kabel yang diterima semakin sedikit karena dibagi setiap titik-titik yang ada.
Kalau bisa dikatakan secara simple, switching merupakan penyambungan. Switching memiliki beberapa system yang dibagi kedalam 4 bagian, yaitu

1. Aplikasi subsystem
2. Switching subsystem
3. Operation & Maintence subsystem
4. Processor subsystem

Aplikasi subsystem itu berfokus pada penyimpanan nomer telepon dan pengalamatan dari beberapa puluh ribu telepon yang ada di ruang switcing Arnet Mataram. Total nomer telepon di ruang swtiching adalah 27.444 nomer telepon sedang yang terpasang sekitar 25 ribu nomor saja.
Switching subsystem menyangkut bagaimana proses penyambungan atau salah satu titik point sehingga komunikasi telepon dapat berlangsung baik di dalam satu wilayah atau komunikasi didaerah yang berbeda. Berikut, merupakan beberapa istilah komunikasi yang dapat terjadi didalam proses switching :
-          Internal call, merupakan komunikasi yang terjadi didalam suatu switching atau masih berada dalam wilayah yang sama.
-          Incoming call, merupakan istilah panggilan yang masuk pada proses switching
-          Out going call, merupakan istilah panggilan keluar dari suatu switching
-          Ada pula komunikasi yang terjadi melalui daerah yang berbeda, ini membutuhkan Digital Trunk Interfase (DTI) yang menguhubungkan dua switching yang berbeda.
Sebuah sistem pasti memerlukan operational dan maintence baik secara harian, mingguan, maupun tahunan. Didalam proses switching juga dikenal dengan O&M subsytem atau operational and maintence subsytem dimana mengontrol, mengetahui keadaan error didalam suatu perangkat. Kita hanya perlu mengakses subsystem ini untuk mengetahui keadaan perangkat switching.
Secanggih apapun perangkat pasti memiliki “otak” dari keseluruhan sistem dan inilah yang terdapat dalam prosesor subsytem. Didalam subsytem inilah yang membuat perangkat melakukan kerjanya selayaknya bagaimana fungsinya sesungguhnya. 

No comments:

Post a Comment