Saturday, October 21, 2023

BERGUMAM DI KEPALA TIGA

Sebut saja ada momen dimana kamu ngga pernah sadar bahwa sudah memasuki usia di kepala tiga. Rasanya baru kemarin banget haha hihi, senang sedih, jatuh dan bangun. Pas napas agak panjang dikit kemudian sadar ternyata sudah di momen dan saat kini.

Tapi jujur sih, kalau aku bilang sama diriku sendiri. “Buset, lo luar biasa banget!”. Setelah makin bertambah usia ternyata makin banyak yang terjadi di hidup kita ya. People come and go! Ketidakpastian di dalam hidup pun makin banyak kita temui. Dulu mah boro-boro ketidakpastian ya. Sudah bisa bangun, tidur, aktifitas hari-hari aja sudah syukur banget kalau dulu.

Beberapa waktu belakangan, aku pernah terusik saat berada dalam satu momen bertemu dengan kawan lama. Pasti masih ada saja ya yang masih bingung mencari jati dirinya di usia yang sudah menyentuh angka 30. Kini, mari lihat dari sudut pandang orang lain.

Satu kesempatan dimana aku mendapati diriku mendapat pernyataan sekaligus pertanyaan. Dengan situasi saat ini tidak sedikit yang mengatakan bahwa kesempatanku untuk mengejar karir begitu luas. Namun dengan karir yang ada, biasanya akan ada yang dikorbankan. Waktu yang kita miliki hanya 24 jam dalam satu hari, ini pun terus bergerak. Dan setiap pilihan kecil akan menjadi penentu kejadian yang akan terjadi di kemudian hari. Jadi pilihan terbaik apa yang akan kau pilih hari ini?

Kemudian muncul satu pernyataan tidak tertulis. Bahwa aku memutuskan untuk memilih memaksimalkan apapun yang ada didepanku. Entah itu mendahulukan karir atau memperjuangkan sesuatu yang dinamakan pasangan hidup.


DEALLING WITH SOMETHING

Pernah mendengar bahwa untuk membuat jalanmu ringan, diperlukan keikhlasan dalam melepaskan seseorang atau sesuatu yang membuat jalanmu tak ringan. Dulu, kupikir masalah yang dihadapi sudah begitu susah setengah mati. Ternyata dunia lebih kejam dan sungguh tidak dapat diprediksi. 

Kenapa? Karena kalian akan berhadapan dengan people, moment, dan lucky yang aneh-aneh. Aku sadari bahwa perlu dealling with something agar sanggup membuat jalan hidup lebih ringan dan lebih jauh berjalannya. Akhirnya ada satu masalah sederhana yang lumayan menggangu, yaitu dealling with my body.

Silahkan pilih salah satu dealling with something milikmu dan pastikan hasilnya memang berpengaruh terhadap ringannya langkahmu serta memberi dampak besar pada keseharianmu.

Kuputuskan untuk dealling with my body sebagai pilihanku. Aku sudah sampai terganggu dengan komentar orang lain terhadap ukuran badan. Mungkin sudah lumayan terlihat oleh orang lain dan gemes banget buat komentar terhadap itu. It's oke and I will say thankyou.

Kujadikan sebagai warning untuk menjaga kesehatan badan. Buat kamu juga ya, jangan lupa jaga kesehatan.


 SEAKAN BERJUANG SENDIRI

Menjadi anak perantauan ditengah perjalanan menjalani pekerjaan saat ini mengharuskanku berada jauh dengan keluarga. Disaat kau memiliki pasangan hidup, perjuanganmu tidak terasa terlalu sendiri. Namun berbeda jika dirimu single, jomblo, and available ya. Pasti berasa banget perjuangan sendiri-nya. Tapi ngga papa, kamu ngga sendiri. Kuatkan dirimu untuk bisa bertahan dan terkadang hanya perlu waktu untuk sadar bahwa kamu ternyata sekuat saat ini, kemarin, dan akan lebih kuat kedepannya.

Tak sedikit orang merasa bahwa perjuangannya harus dilalui seorang diri. Namun, terkadang ini benar adanya. Kau berjuang sendiri dan it's OK. Ada momen Tuhan menguatkanmu dalam kesendirianmu dan pasti akan ada momen dimana dirimu bertemu dengan orang-orang tidak terduga. Mungkin saat ini anda sedang berada di momen tersebut. Apakah benar?

Aku ngga bisa boong ya bahwa memiliki support system dalam kehidupan tuh perlu banget. Entah itu datang dari emak, bapak, saudara, atau pacar, dan terkadang muncul dari kawan-kawan disekitar. Tapi apapun yang sedang kamu perjuangkan, selalu ingat kesehatan mentalmu. Usahakan diri kita sehat dalam fisik, jiwa, dan raga agar kuat menghadapi apapun yang hadir dihidup ini.


KETIDAKPASTIAN SELALU ADA

Apakah anda termasuk seseorang yang ingin mengendalikan semuanya dalam tangan sendiri? Mungkin aku juga termasuk salah satu dari anda. Tetapi perlu kusampaikan sesuatu yang mengecewakan dan sudah diketahui banyak orang. Bahwa segala ketidakpastian pasti selalu ada dan tak jarang memberimu kejutan dengan nuansa menyenangkan atau malah menyeramkan.

Melihat beberapa kejadian dalam tiga tahun belakangan, begitu tidak tertebak dan tidak dapat kubayangkan sama sekali. Tidak hanya terjadi pada diri sendiri, bahkan bisa dialami oleh orang terdekat. Terus berpindah tempat dan menjalani peran yang sama sekali berbeda. Dengan segala perbedaan situasi yang dituntut untuk dapat berjalan dengan sebaik-baiknya. 

Anda tidak dapat mengharapkan satu situasi, satu orang dan satu perasaan berada dalam kondisi stabil dalam kondisi yang lama. Karena mohon maaf, itu tidak mungkin dan dipastikan kondisi tersebut tidak pasti.

Akhirnya aku meyakini. Banyak ketidakpastian terjadi entah yang sudah berlalu, saat ini, dan yang akan datang. Tidak akan tertebak. Maka, upayakanlah untuk dapat menjalani momen ini semaksimal mungkin bersama dengan orang terdekatmu (jika ada). Kalaupun tidak, nikmatilah segala kondisi sedih, bahagia dan lainnya. Sadari apapun dirimu saat ini.


SADARI, APA YANG BISA DILANJUTKAN?

Akhirnya aku menyadari bahwa rencana, keinginan, dan apapun yang ada terkadang tidak terjadi sesuai dengan keinginan. Apakah perlu disesali? Apakah bisa diputar kembali? Terkadang jawabannya tidak.

Menyadari banyak hal yang bisa dikontrol dan tidak terkontrol membuat anda mengetahui apa yang bisa dilakukan baik dalam langkah jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Sadari, apa yang bisa anda lakukan? Kupastikan diriku selalu bergerak dengan harapan membuat sekitarku bergerak menuju diriku sesuai seperti yang diinginkan. 

Anda akan mendapati bahwa tak mudah mendapatkan ini dan itu dalam waktu tempo sesingkat-singkatnya. Tapi tidak ada yang tidak mungkin jika anda mengetahui bahwa apa yang anda pikirkan akan diupayakan oleh semesta untuk terjadi. Bisa terjadi sesaat setelah menginginkan, bahkan tak jarang ada yang mendapatkan keinginannya dalam beberapa waktu yang agak lama.

Jadi tak usah bimbang dan bingung dengan yang terjadi saat ini. Anda hanya bisa mengingat serta memastikan apa yang sudah terjadi dan sedang terjadi saat ini. Satu detik kemudian masih menjadi misteri. Lalu, kenapa harus dirisaukan? 

Enjoy your life, now or never!

Please check atu perjalananku dalam mencari jati diri. Yah, kali-kali kamu terinspirasi untuk menemukan jalan-jalanmu dalam tulisanku "Hay, Spore".

 

Hay, my self at 30 years old. You are so amazing! Thankyou.

Oh iya, thankyou buat satu studio yang aku lupa kemarin foto dimana namun berlokasi di sekitaran Batu Bulan, Bali. Terus terus, habis ini aku coba buat nulis pengalaman pertamaku buat diving hingga memutuskan untuk ambil license dalam satu bulan sejak diving pertamaku ya.

Asri Vitaloka

 

No comments:

Post a Comment