Wednesday, January 10, 2018

Sejuknya Nuansa Air Biru di Air Terjun Tesbatan, Oesao



air terjun Tesbatan, Oesao

Berpikir untuk merencanakan sesuatu dan sekedar pergi untuk menemukan sebuah tempat yang kau inginkan memang sangat mudah. Yah, ngga susah amat deh. Tapi tau ngga apa yang susah didapat? Sebuah momen.

Momen yang hanya didapatkan jika kamu ditakdirkan untuk menjalaninya hari itu. Bayangin deh kamu ngga bisa menikmati indahnya sunset dipinggir pantai saat awan lagi banyak banget pake mendung, padahal sudah berada di pantai. Gimana rasanya pas sudah ada di pintu masuk suatu jalan penanjakan gunung apa gitu, eh terus ternyata dengar informasi kalau jalur lagi ditutup untuk suatu hal. Sesek pasti kan. 

Nah, sebuah momen baru saja kudapatkan saat duduk diam di sebuah air terjun. Hanya ada kau, gemericik air terjun, dan bunyi gesekan dedaunan diatas kepala. Dan kau dapatkan dikala kau membutuhkan ketenangan. Itu momen. Kurasa.
Sebuah hari dengan cerita emang ngga bakal kamu dapat jika hanya berada di dalam rumah. Keluarlah dan kenali sekitarmu. Satu minggu berkunjunglah kami ke kota sebelah, yaitu kota Oesao. Salah satu air terjunnya sangat banyak dikenal orang. Yaitu air terjun Tesbatan.

Tahun lalu kucoba untuk melihat indahnya biru air terjun Tesbatan, namun tertutup dengan keruhnya air mengalir sehabis hujan yang turun deras. Berharap mendapatkan momen lainnya, kucoba untuk melihat kembali sekitar akhir tahun lalu. Dan momen emang ngga bisa dikejar tapi bisa diusahakan kayanya.

Buka hari lebih pagi, nikmati cahaya matahari Oesao

Bangun pagi saat hari kantor kayanya susah banget ya, tapi ngga waktu akan jalan liburan. Seakan bangun pagi bukan hal yang susah. Nah, berangkatlah sebelum jam 7 dari kota Kupang maka anda akan menikmati sarapan ala kota Oesao.

Berbagai kue cucur akan terbentang nyata di estalase lemari kaca. Sambil melihat pemandangan sawah yang panjang dan cahaya matahari pagi yang bahkan sudah panas di jam 7 pagi. Setengah perjalanan menuju air terjun anda akan melewati kota Oesao dan tentunya akan kurang rasanya kalau belum mampir di kota.

kupu-kupu penyambutan

Cuma ngasi tau aja nih ya!

Nah waktu beli kue cucur jangan bingung ya kalau kalian sudah dijatah harus membeli sepiring bukan per biji. Murah sih, kisaran 5000 hingga 10000 rupiah. Kalau misalnya kurang doyan dengan kue cucur, cobain jagung rebus pulut disebelahnya. Itu biasanya dijadiin oleh-oleh loh ya buat ke Kupang.

Jalannya sih ngga jauh, tapi mending bawa bekal

Perjalanan dari kota Oesao menuju air terjun membutuhkan waktu sekitar 45 menit ya. Ngga jauh sih dari kota, tapi sekitar sana jarang banget ada warung jadi kusaranin untuk membawa beberapa makanan kecil dan juga minum. Kaya aku.

 minuman segar berasa

Cuma ngasi tau aja nih ya!

Kelemahan dari banyak oknum pejalan, yaitu selalu ingin meninggalkan jejak. Kalau jejak kaki aja sih gpp ya. Bawa bekal sih boleh ya, tapi ya jangan ditinggalin juga sampah-sampah kecil dan besarnya. Bahkan hanya sekedar putung rokok aja kok kayanya merusak pemandangan banget ya. Sedih.

Ikuti saluran air, maka Anda sampai di lokasi

Berbeda dengan beberapa air terjun yang bagus dan busyet susah amat buat dicapainya. Air terjun Tesbatan emang ngga punya ketinggian yang luar biasa banget. Namun kalau sudah lihat pemandangannya dengan biru airnya secerah langit biru diatas sana, pasti ngga bakal menyesal buat kesana.

Cukup ikuti saluran air dari awal mula masuk jalan setapak air terjun. Ngga jauh kok paling sekitar 15 menit dari titik masuk air terjun. Deket kan.

step 1 penampakan awal air terjun

step 2 sampai deh di air terjun Tesbatan

Cuma ngasi tau aja nih ya!

Walaupun ngga perlu berjalan kaki jauh banget tanpa pemandu jalan (karena mudah banget lokasinya), tapi tetap perhatikan alas kaki yang digunakan. Namanya juga gunung dengan segala aura hutan dan jalan setapaknya. Pokoknya terus perhatikan jalur pipa air dan kamu akan sampai dengan selamat. Cihuy!

Jangan ngiler lihat birunya awan pindah ke air

Tidak akan pernah ada kesempatan kedua. Dari situ seseorang seharusnya paham bahwa dirinya harus menemukan momen untuk dapat melihat pemandangan luar biasa dan menakjubkan seperti situasi saat itu. Duduk dan lihatlah sekelilingmu dalam dua menit. Apa yang kau rasakan?

Suara burung sedikit seakan memutar jauh diatas kepala anda. Seakan menyaksikan diri anda yang telah sampai dipinggir air terjun. Kemudian anda akan sadar bahwa gemericik air menambah warna berbeda pada situasi di sekitar air terjun. Dan tak kalah menarik adalah indahnya warna biru air terjun Tesbatan.
 
step 3 am i ready?

  
sok sok pingin main air, padahal ngga bawa baju ganti

Cuma ngasi tau aja nih ya!

Kusaranin untuk datang dengan baju yang sudah siap dipakai berenang. Tapi, bukan baju renang banget. Yah siap basah gitu kalau sudah sampai disana pasti hasrat berenang besar, hanya saja tidak terdapat ruang ganti disekitar situ. Rada ribet buat yang pingin ganti setelahnya.

Itu dia salah satu tempat wisata terdekat jika anda berkunjung ke kota Kupang. Kalau boleh cerita ya. Tekad aku udah tinggi banget buat berhenti mengeluarkan untuk jalan-jalan, tapi sepertinya susah. Mengunjungi tempat baru sudah seakan bikin addict banget.

Dan banyak banget pengalaman hidup yang bisa didapat dari alam, orang sekitar, dan proses perjalanannya. Yang kadang ngga bisa didapatkan hanya dengan duduk di belakang meja dengan segala rutinitas yang bisa ditebak setiap paginya.

 Asri Vitaloka – Calon Penulis

Jalan-jalanlah selagi kau dapat. Ajaklah orang terdekat yang membuatmu nyaman, selagi mereka masih ada disekitar. Rencanakanlah, selagi kau masih memiliki hasrat untuk melakukannya.

Jangan lewatkan tulisan eke yang lain masih sekitar Nusa Tenggara Timur, seperti Gurun pasir si Oetune atau berlibur indah ke Labuan Bajo ya! Don't miss it! Sapa tau butuh kan untuk sekilas info. Oke deh, jangan lupa keluar rumah dan lihat betapa indahnya dunia secara langsung dan merasakan aura sekitarnya. See ya when i see you.

3 comments: