Sunday, October 1, 2017

Rasakan 4 Kuliner di Bali ala Asri Vitaloka



 Kuliner enak di Bali ala Asri Vitaloka

Kalau ngomongin makanan atau kuliner khas di suatu tempat pasti ngga ada habisnya. Coba aja deh, misalnya kamu akan ke Bali. Begitu searching di Mr. Google maka akan muncul beberapa makanan khas dan tempat warbyasah banyaknya. Nah, bagi aku sendiri kamunya harus memastikan akan menikmati makanan yang traditional atau elit? Tempat kaki lima atau khas elit.

Walaupun aku kelahiran dari keturunan Bali asli. Ya, ke Bali juga pada saat liburan aja. Saat sesekali mampir ke Bali ada beberapa makanan yang wajib aku cicipi kalau lagi disana. Hmm.. dua aja kok. Nasi Jinggo dan Rujak kuah pindang! Itu makanan wajib. Tapi ada dua makanan yang aku coba lagi, seperti makan nasi campur khas Mentingen dan Smoothies sehat Nalu Bowls di Seminyak. Sok sok aja nyobain makanan di Nalu Bowls. Mau tau kaya apa makanan yang aku sebutin? Yes, cek dibawah.
Tau kota Kuta di Bali? Ini kota paling sering aku datangi kalau lagi ke Bali. Kalau lagi mampir, beberapa saudara disana ngga pernah absen ngajak beli Rujak. Dan yang banyak dicari disana adalah rujak kuah pindang. Dadong yang sudah meninggal juga dulunya sering banget buat nasi Jinggo. Tau kan kalau cucu sudah datang pasti dikasi gratis dan itu melekat banget diingatan aku sekarang. Jadi musti wajib makan dua kuliner ini.

Nasi Jinggo Bungkus Daun Pisang di pasar Kuta

Nasi Jinggo biasanya dibungkus menggunakan daun dan dijual murah di pinggir jalan. Ini akan menjadi pilihan sarapan pas buat kalian para backpackers. Murah, kenyang, dan lauknya mayan. Kesempatan terakhir kemarin aku sempet beli nasi Jinggo di Pasar Kuta. Susahnya kalian hanya bisa take away. Jarang ada yang menyiapkan tempat duduk. Jadilah aku duduk di depan swalayan sambil menikmati nasi Jinggo pinggir jalan.

Hanya 5000 rupiah saja kok. Tapi, sayangnya yang aku beli kemarin ngga seenak ingatan terakhir aku jaman masih kecil. Nah, sampai saat ini aku belum dapat lagi nasi Jinggo yang rasanya enak disekitaran Kuta. Dicoba lagi yang lain ya , atau ada yang tau?

tone-nya mendung, semendung cuaca pagi itu

noh, aku kasi tunjuk lauknya!

Komentar aku ya.

Nasi murah seharga 5000 rupiah cocok buat sarapan hemat. Lokasinya bisa dimana-mana. Kalau bisa tanya dari mbok atau bli disekitar penginapan kamu pasti ada yang jual. Cuma kalau masalah rasa ini nih yang kadang bisa dapat enak bisa juga zonk. Hehe, kalau kamu beruntung biasanya akan dijual juga jajan Bali yang pake kelapa. Harga juga masih manusiawi 2000an :”). Berasa balik SD lagi belanja dua ribuan ya.

Rujak Kuah Ikan Pindang, Seger di Men Runtu

Rujak kuah bumbu warna pink segar ditambah warna warni buah yang ditabur didalamnya. Pernah coba? Baru nulis dan membayangkan aja sudah ngiler parah. 

Sewaktu aku di Sanur sempat mampir di Warung Men Runtu di jalan Sekota. Rekomendasi temen aku katanya kalau mau rujak-rujakan bisa mampir disitu. Buka hanya sampai jam 7 malam. Banyak kok varian makanan yang disajikan dan harganya terjangkau. Waktu itu aku salah memesan. Harusnya cobain rujak kuah pindang tanpa gula. Tapi buat kalian yang mau coba varian yang lain bisa juga kok. 

anak gaul Men Runtu

rujak kuah pindang

Komentar aku nih ya.

Lokasinya mudah dicari kalau pake maps. Banyak banget anak muda yang nongkrong disana. Menurut aku agak baru ya kafe nongkrong yang menawarkan makanan sejenis rujak bulung (yang ini kayanya rujak rumput laut), kuah pindang dan pelecing. Kalau pesen rujak ditambah es gula merah merona. Paduan yang Mantab banget. Kalau kesana juga mending agak sore jam 5. Tidak terlalu panas namun pas sebelum tempat nongkrongnya tutup di jam 7.

menu Men Runtu, Sanur

Nasi Campur Babi Guling Men Tinggen, Sanur!

Belum kuliner ke Bali kalau belum nyobain nasi Babi guling ya. Aku kemarin mainnya sekitaran Sanur jadi dapat informasi kalau makan nasi campur enak di Rumah makan Men Tinggen, Sanur. Biasa nih orang Sanur yang langsung kasi rekomendasi. Thanks Mba Twina.

Aku nyarinya agak bingung ya. Tapi lokasinya ada di maps. Kemarin sampai sekitar jam 5 sore dan agak sepi. Lokasinya sekitar pasar tapi dijamin bersih kok. Cuma agak ragu karena posisi tempat makannya agak tertutup kalau datang dari arah jalan utama.

nasi campur Babi Guling - Men Tinggen 

Komentar aku ya.

Kalau doyan babi guling banyak banget tempat makan yang menawarkan kuliner babi ini. Nah, untuk daerah Sanur bisa deh dijadikan rekomendasi untuk Warung Men Tinggen, Sanur. Kalau ngga pingin babi, masih ada juga masakan ayam. Tempat makannya outdoor ya. Jadi, kalau kamu datang sore kesana makan sambil dibawah pohon dan didepan si warung. Rasanya adem gimana gitu. Jadi bisa menambah selera makan babi anda di sore itu. 

Nalu Bowls, Seminyak

Nah sudah menikmati sampling makanan Bali yang enak dan Indonesia banget. Sekarang saatnya mencicipi smoothie bowl shack  di Nalu Bowls. Buka dibeberapa cabang kota di Bali dan kota besar lainnya. Tapi aku nyobain yang di Seminyak ya. Untuk lokasinya juga ngga perlu khawatir di maps sudah bisa menunjukkan lokasinya ya. 

penampakan Nalu Bowls, Seminyak

Kalau pingin punya foto makanan kekinian bisa deh pergi kesana. Begitu ketemu lokasinya kamu akan melihat seperti meja bar dengan bartender yang bisa menawarkan smoothies sehat kalian didalam batok kelapa. Begitu tiba para bartender kece akan menawarkan makan disana atau bawa pulang. Bisa makan didepan para bartender ketjeh atau menikmati duduk di kafé yang isinya orang asing semua di lantai 2.

smoothies bli bartender - dominan rasa pisang

 bule, bule dan bule (berasa aku yang asing)

 mau bayar aja pake kopokan - back to traditional style!

Komentar aku ya.

Karena ngga biasa makan smoothies dalam bentuk mangkok dengan kombinasi beragam, aku agak mual kalau harus menghabiskan semuanya. Maklum ya lidah orang Indonesia. Di kafe itu juga kamu bakal liat bule yang mondar mandir. Paling hanya beberapa saja wisatawan local yang main kesitu. Begitu naik, bule bule dan bule. Haha. Untung aja kulit aku eksotis kan ya? Jadi bisa dikira orang Afrika gitu kali ya, tapi muka orang Bali banget! Hahaha

Kisaran smoothiesnya sekitar 50an ke atas ya. Mayan bo! Tapi kafenya instagramable banget dan ngga perlu khawatir. Kafe diatas juga menawarkan beberapa menu yang bisa dijadikan menu sarapan. Tentunya dengan gaya sarapan ala bule. Kalau mau nyoba smoothies yang agak asem katanya sih bisa pesan yang Uluwatu Bowls.

itu deh kuliner di Bali, cobain gih!
  
Nah, oke segitu dulu ya ngomongin makanannya. Masih pagi dan masih diawal minggu. Selamat beraktifitas dan jangan lupa sama orang tua. Eh, tiba-tiba! Oiya, nanti aku bisa share pengalaman aku buat nikmati hotel capsule di Bali versus Malang. Jadi tungguin aja. Dan pastikan kamu ngga ketinggalan sama trip pertama aku ke Banyuwangi hanya di “Come Closer to 2799 MDPL #KawahIjen”.

salam dari bule tetangga!


Calon penulis, Asri Vitaloka

email : asrivitaloka@gmail.com | IG : @asri_vitaloka | IG makan : @yukikutmakan

2 comments: