Tuesday, November 17, 2015

Baru Sentuh 23 Tahun!



Saya, Asri Vitaloka
Selamat sore bulan November!

Sudah lewat hari besar di tahun ini. Hari perayaan dimana seseorang merasakah satu hari ulang tahunnya. Setiap orang akan memiliki perasaan berbeda dibandingkan hari-hari lainnya. Satu hari dimana seakan orang yang bersangkutan memiliki hak untuk menginginkan apapun dan menjadi spesial, hanya pada satu hari tersebut. Yaitu pada hari ulang tahunnya. 

Lewat sudah tanggal 24 Oktober 2015. Aku melewatkan ulang tahun kali ini ditempat yang tidak pernah ditebak, dengan orang yang tidak terduga, dan kejutan yang menanti kemudian. Ya, aku sekarang berada di Kupang. Penempatan pertama mengharuskan aku ada di Negeri cantik, di Pulau Timur ini. Tidak banyak yang aku harapkan saat menunggu hari ulang tahun kali ini. Hanya satu, jadilah ulang tahun yang berbeda dengan pengalaman luar biasa di tahun ini. Amin.

Seperti biasa, di hari Jumat aku pulang dengan sisa-sisa tenaga sehabis dari kantor. Keesokan harinya adalah ulang tahunku yang ke-23 namun tidak ada yang bisa diharapkan. Aku menyusun rencana sekilas untuk menghabiskan hari itu sendirian. Tapi, tanpa terduga satu pesan datang. Pesan dari teman baru di Kupang, ajakan untuk melakukan perjalanan ke Gunung Fatuleu, Kupang.

Singkat cerita, aku merayakan ulang tahun diatas bukit batu Fatuleu, Kupang. Sungguh pengalaman luar biasa dengan situasi dan kondisi yang sungguh berbeda dari biasanya. Seorang Asri Vitaloka yang tidak pernah naik gunung justru melakukan perayaan sederhana di atas bukit Batu Fatuleu. Sebagian besar orang sudah mengetahui seperti apa medan yang harus dihadapi untuk dapat sampai diatas puncak bukit yang berbatu. Terkadang, kita harus memiringkan badan, memanjat, menjaga keseimbangan, hingga sangat berhati-hati dengan pijakan kaki yang sangat sedikit.

Sebelum berangkat, aku diberikan peringatan untuk tidak mengeluh selama memanjat bukit berbatu tersebut. Dan ternyata berhasil, walaupun banyak halangan sebelum sampai kesana. Kita harus melakukan perjalanan motor selama kurang lebih 2 jam dengan menaiki motor hingga sampai di kaki bukit batu. Suasana panas Kupang cukup mendukung dalam proses pendakian. Dengan persiapan yang sangat sedikit, kami berangkat dan sampai di puncak dengan satu jam waktu pendakian.

Keadaan diatas sangat menyenangkan. Rasa puas tidak terduga. Disatu hari spesial dalam hidupku ditahun ini dengan berhasil mengalahkan satu tantangan baru, yaitu untuk melakukan pendakian yang sama sekali belum pernah dilakukan.


Let's check our instagram : asri_vitaloka 

Dari atas puncak terlihat beberapa bendera dipasang penanda bahwa sudah pernah ada orang yang berhasil sampai diatas sebelumnya. Sepanjang mata memandang kita dapat melihat batu besar diatas puncak dengan awan biru cerah dan perbukitan yang dihiasi sedikit warna hijau. Kupang memang terkenal dengan daratannya yang berbatu dan terkesan kering di musim panas. 

Diatas sana, dengan ditemani sepasang kekasih aku merayakan sebuah perayaan kecil. Satu rekaman video berhasil direkam diatas puncak bukit batu Fatuleu, sebagai kenang-kenang telah berhasil sampai diatas. Selain itu dengan alasan “kembali mengulang hari ulang tahun” aku juga melakukan beberapa pengulangan mengenai apa saja yang sudah terjadi hingga menyambut usiaku ke-23.

Satu tahun berlalu kembali. Tahun ini adalah “Tahun Perjalanan”, dalam satu tahun aku sudah melakukan perjalanan mulai dari Pekanbaru hingga berakhir di Kupang. Aku mengucap penuh syukur diusia ke-23 aku sudah mendapatkan predikat pegawai tetap dan ini pencapaian yang sungguh luar biasa, karena aku berhasil mewujudkan keinginan salah satu orang tua untuk memiliki anak dengan pekerjaan tetap di BUMN. Terimakasih untuk mereka berdua yang sudah memberikan dukungan penuh untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Terimakasih untuk banyak teman luar biasa, seperti angkatan 45 PLN, teman baru di Kupang. Semua memberikan kesan luar biasa. Sambutan di Kupang begitu hangat. Pengalaman luar biasa aku nikmati dalam satu tahun kemarin, seperti mendapatkan predikat pertama di angkatan distribusi PLN 45, kesempatan menjadi MC acara penutupan siswa distribusi. 

 Gambar Penyerahan SK Penempatan PLN Kupang dari Manager Area Kupang

Semua yang sudah berlalu patut disyukuri namun tidak menjadikan diri sebagai pribadi yang haus akan pujian, justru jadikan segala pencapaian yang sudah terjadi untuk membuat mimpi dan keinginan baru dikemudian hari.


Mari juga jadikan sebuah perayaan ulang tahun sebagai titik point sementara untuk kita membuat evaluasi terhadap mimpi-mimpi yang sedang dibentuk. 

Mari lihat sudah sejauh apa keinginan kita terwujud dan jangan lupa untuk bersyukur atas apa yang sudah didapat, serta jangan pernah puas dan kembangkan terus semua keinginan yang muncul agar menjadi motivasi lebih untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya. (AV)

No comments:

Post a Comment