Wednesday, February 4, 2015

Jika Anda Job Seeker, Cobalah di PLN! Part 3

Selamat jika anda telah berhasil menyelesaikan tes fisik dan tes intelegensi. Berikut merupakan beberapa informasi yang dapat aku berikan mengenai tes selanjutnya. Jika anda ingin melihat tes sebelumnya maka anda dapat melihatnya pada Jika Anda Job Seeker,Cobalah di PLN! Part 2.

Jika anda masih belum mengetahui beberapa kelebihan yang terdapat di perusahaan BUMN PLN maka anda dapat melihatnya
pada Jika Anda Job Seeker, Cobalah di PLN! Part 1.

Tes Intelegensi

Tidak lama pengumuman yang diberikan setelah tes fisik dilakukan pada hari Senin. Maka akhir Minggu yang sama hasil pengumuman sudah keluar, aku masuk pada tahap selanjutnya. Kira-kira sekitar 52 orang masuk tahap selanjutnya dari 79 yang mendaftar tahap pertama. Tes dilakukan pada minggu selanjutnya. Jadi, hanya waktu seminggu untuk jarak waktu dari tes selanjutnya.

Pada tes ini yang diperlukan adalah latihan soal-soal intelegensi dan internet menyuguhkan banyak sekali soal tersebut. Soal yang diberikan akan lebih banyak dari waktu yang diberikan. Soal-soal tersebut memang didesain seperti itu maka usahakan jawab soal yang mudah terlebih dahulu dan jawablah secepat serta setepat mungkin. Berusahalah untuk menjawab soal-soal hitungan matematika sederhana dengan secepat mungkin. Tidak ada tes padanan kata atau sejenisnya.

Tes Akademik dan Bahasa Inggris

Pada hari tes intelegensi dilakukan maka diumumkan secara mendadak bahwa tes akademik dan bahasa inggris akan dilakukan pada hari yang sama. Tepat pada pukul 12.00 WITA pengumuman hasil intelegensi diumumkan dan peserta yang lolos akan mengikuti tes selanjutnya pada pukul 13.00 WITA. Hanya sedikit yang dapat aku persiapkan. Dalam waktu 4 jam aku harus siap melanjutkan tes akademik dan bahasa inggris jika aku dikatakan lolos dalam tes sebelumnya. Saat itu, aku tidak melamar untuk tes ALA atau ELE seperti rekruitasi calon pegawai PLN sebelumnya. Hanya ada jurusan elektro baik penjurusan arus lemah atau arus kuat. Saat diumumkan aku lolos ke tahap selanjutkan.

Beberapa informasi saat tes akademik dan bahasa inggris dilakukan, yaitu :
1. Tes akademik dan bahasa inggris dilakukan secara bersamaan dengan total soal sekitar 100 soal. Lima puluh soal untuk tes akademik, dengan 25 soal mengenai arus kuat dan 25 soal mengenai SCADA. Tes bahasa inggris memiliki soal berjumlah 50 soal.
2. Saat menjawab soal peserta diharuskan berhati-hati dikarenakan jika salah menjawab maka akan mengalami pengurangan satu angka dan jika benar akan mendapat nilai empat angka.
3. Peserta diharapkan mempersiapkan materi dengan membaca mengenai arus kuat dan arus lemah. Materi mengenai arus kuat maka pelajarilah mengenai power, tegangan tinggi, dan perhitungan listrik. Sedangkan mengenai arus lemah, anda dapat membaca-baca mengenai materi SCADA (Supervisory Control And Data Aquisition).

Tes Psikotes

Tes intelegensi, akademik dan bahasa inggris dilakukan pada hari yang sama bahkan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Diharapkan calon rekrutmen dapat mempersiapkan diri sebelumnya jikalau terjadi hal yang sama. Pengumuman hasil tes akademik dan bahasa inggris keluar pada pukul 19.00 WITA pada hari yang sama disaat tes dilaksanakan. Jika peserta lolos dalam tes sebelumnya maka peserta diharuskan mengikuti tes psikotest pada keesokan harinya.

Saat tes psikotes, peserta akan dihadapkan dengan beberapa tes seperti tes Pauli atau tes koran, tes mengambar pohon, tes memilih satu diantara dua pilihan yang merupakan pencerminan dominasi diri, dan tes psikotes sejenis. Sekali lagi, tidak ada tes padanan atau antonim kata.

Tes Kesehatan

Dalam waktu dua hari tes sebelumnya dilakukan secara berurutan. Seluruh peserta yang mengikuti tes psikotes harus mengikuti tes kesehatan yang dilakukan keesokan harinya, yaitu hari Rabu. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, salah satunya adalah puasa selama 10-12 jam sebelum tes pengambilan sampel darah. Beberapa tes yang dilakukan saat tes kesehatan adalah tes pengambilan darah, tes feses, tes rontgen, tes pendengaran, dan tes ritme jantung saat istirahat.

Beberapa saran yang dapat aku berikan adalah jaga kesehatan. Jika waktu yang diberikan masih banyak untuk melakukan persiapan maka atur pola makan, olahraga teratur, dan rajin meminum air putih. Jika waktu sudah mendesak seperti kondisi aku saat itu maka peserta diwajibkan untuk beristirahat cukup, minumlah susu netral, dan minum air kelapa. Saat puasa, pastikan anda meminum air putih sebanyak-banyaknya.

PLN sangat sensitif dengan tes kesehatan terutama KOLESTEROL. Pastikan kolesterol anda dalam kapasitas normal dan tidak berlebih. Sebelumnya dari 21 orang yang masuk mengikuti tes kesehatan dan hanya 9 orang yang mampu masuk dalam tes wawancara. Maka pastikan anda sehat seratus persen untuk memastikan anda masuk ke tahap wawancara.

Tes Wawancara

Cukup lama waktu yang dibutuhkan untuk menunggu pengumuman peserta yang masuk dalam tahap wawancara akhir sebelum melakukan diklat dan OJT. Butuh waktu sekitar dua minggu untuk masuk ke tahap wawancara. Saat wawancara akan ada dua orang pewawancara, yaitu satu ibu bagian SDM PLN Pusat dan satu ibu Psikolog. Wawancara terjadi sekitar 30 menit hingga satu jam dan hasil wawancara akan direkam maka pastikan anda menjawab dengan benar dan tanpa gugup.

Beberapa tips untuk melakukan wawancara :

1. Pastikan anda menggunakan pakaian rapi, formal, dan bersih.
2. Persiapkan diri sebaik-baiknya dan kenali dirimu sesungguhnya agar dapat menunjukkan kualitas dirimu. Selain itu, pastikan agar jujur dalam menjawab semua pertanyaan.
3. Berdoalah. Karena setelah 30 menit pengumuman selanjutnya akan keluar dalam waktu satu hingga dua minggu berikutnya. Jika diterima maka anda akan melanjutkan diklat prajabatan dengan seluruh peserta PLN yang diterima diseluruh wilayah di Indonesia.

Mengenai diklat dan OJT belum dapat aku ceritakan. Saat ini aku juga sedang menunggu hasil pengumuman wawancara yang baru saja dilakukan pada hari Senin minggu ini. Mohon doanya dan sukses untuk calon rekrutmen yang akan mendaftar di perusahaan PLN.

Silahkan saksikan buku “Seorang Kawan Jimmi”, didalamnya mengisahkan sebuah persahabatan yang memberikan banyak cerita menyenangkan diantara mereka. Tidak hanya mengenai persahabatan, tetapi ada juga mengenai kehidupan sosial, realita, bahkan kisah religius. Tak jarang beberapa kisah romantis juga terjadi diantara mereka. Seperti apa? Saksikan “Seorang Kawan Jimmi”.


Instagram : asri_vitaloka; Twiter : @vitalokaAsri; Facebook : Asri Vitaloka

7 comments:

  1. Slamat sore mbk.. Klw untuk tes akademik apakah sesuai jurusan dan soalny berapa?? Toefel adakah listening juga dan brapa soal?? Saya jurusan akuntansi.. terimakasih mbk.. Semoga smakin sukses. Aminn

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sesuai jurusan... 50 pilganda & bhs inggris 50 pilganda tanpa listening.

      Delete
  2. kalau tes fisik badannya harus proporsional atau tidak ya? klo krang sedikit bgaimana?

    ReplyDelete
  3. terimakasih mbak mei untuk menjawab.. :)

    mas eko : tergantung persyaratan untuk amannya harus ideal.. kalau kurang kemungkinan tidak apa apa. yang penting jangan berlebihan atau perut buncit

    terimaksih
    salam blogging!

    ReplyDelete
  4. Dri beberapa info yg z dengar kata.y pln itu jg sm ya kak dengan tes polwan periksa ini itulah emang ad tes alat kelamin jg gitu? ? Aku puy tmn yg mw daftar tpi kt.y dia malu untk ikut tkutx beneran ad tes gituanx.. thanks mba cuma mw bntu tmn cri info soal

    ReplyDelete
  5. Sist,untuk bahasa inggris apakah tesnya agak sulit??

    ReplyDelete