Wednesday, September 18, 2013

KERJA PRAKTEK CHEVRON,DURI

Judul diatas mungkin membuat pembaca sedikit bingung dengan “Apa yang gratis?” dan “Ada Apa dengan PT. Chevron?”. Sebenarnya ini merupakan salah satu pengalaman aku saat melakukan kerja praktek di PT. Chevron Pacific Indonesia. Singkat cerita, aku melamar dan aku mendapat kesempatan besar untuk menikmati keadaan kerja di perusahaan asing tersebut. Aku juga sangat berterimakasih kepada ayah Vinda yang telah membuat segala urusan menjadi lancar.



Kalau boleh sedikit cerita. Kerja praktek di Chevron sesungguhnya tidak begitu susah. Satu kata kuncinya adalah “Anda harus memiliki kenalan orang dalam”. Ini dikatakan langsung oleh bagian HRD disana. Kenapa seperti itu? Ini dikarenakan bagian HRD tidak bertanggung jawab untuk mencarikan pembimbing lapangan kepada calon kerja praktek. Selain itu, calon KP harus memenuhi syarat yang diinginkan oleh perusahaan.
                
Menurut informasi, kalau aku tidak salah calon KP di Chevron dibagi menjadi 3 bagian berdasarkan fasilitas yang diberikan, yaitu full facility, half facility, dan non-facility. Untuk full facility, anda akan diberikan fasilitas lengkap mulai dari transportasi dari Jakarta hingga tempat kerja praktek. Selain itu, anda juga akan mendapatkan rumah tinggal, makan tiga kali sehari, loundry gratis, kebersihan kamar, dan transportasi camp secara gratis. Half facility, biasanya hanya mendapatkan makan siang dan transportasi (kalau saya tidak salah) dan non-facility sama sekali tidak mendapatkan fasilitas, selain makan siang.
                
Sebelum bercerita mengenai apa yang aku kerjakan disana. Aku ingin memberikan sedikit gambaran mengenai camp Chevron. Begitu banyak fasilitas yang dimiliki. Pengunjung baru akan melihat banyak kompleks perumahan dengan nama-nama gunung, kompleks perkantoran, pusat olahraga, lapangan golf, dan tempat Mesh Hall. Tempat yang saya sukai adalah Mesh hall, karena disana tempat berkumpul pegawai dan mahasiswa magang untuk sarapan, makan siang, dan makan pagi. Terdapat juga beberapa tempat hiburan, seperti bioskop mini, taman bermain, salon, dan tempat karaoke. Selain dari banyaknya fasilitas, aku sangat menyukai keadaan camp Chevron yang terkesan aman, terkontrol dan tenang. Di dalam camp memiliki peraturan lalu lintas sendiri dengan rambu-rambu yang harus dipatuhi oleh semua warga camp. Pengendara didalam camp juga harus memiliki kartu pengendara khusus sehingga orang asing tidak dapat melakukan akses ke dalam dengan seenaknya. Salah satu yang saya tidak dapat lupakan adalah semua kendaraan di dalam camp memiliki kecepatan maksimal 40km/jam.

Saat itu, aku menjalani kerja praktek selama satu bulan mulai tanggal 26 Juni 2013-26 Juli 2013 dan bertempat di Departemen Power Generation and Transmission, Duri. Aku dan teman aku, Vinda mengambil topik mengenai Power. Kami sesungguhnya tidak memiliki kemampuan power. Namun, kami tertarik untuk mengambil sistem kontrol Power. Selama satu bulan kami mengurusi sistem kontrol governor dan exciter. Aku tidak akan terlalu banyak bercerita mengenai ini.

Akhir cerita, aku sangat suka dengan situasi disana. Tidak ada macet, tidak seperti kota besar pada umumnya. Karena Duri juga merupakan satu daerah yang agak jauh dari perkotaan, kalau tidak salah sekitar 3-4 jam dari Pekan Baru. Pegawai disana punya pekerjaan yang banyak dengan deadline yang tinggi. Kerja praktek selama satu bulan disana, aku mendapatkan banyak pengalaman dan aku ucapkan banyak terimakasih kepada Chevron karena sudah memberikan kesempatan untuk dapat merasakan situasi disana. (AV)


1 comment:

  1. Mbak boleh minta no.hp mentor mbak waktu kp di cpi, saya sekrng lgi persiapan kp di chevron tapi masih terkendala mentor.
    mohon bantuannya mbak. kirim ke titodeviscar@gmail.com
    makasih mbak

    ReplyDelete